Selasa, 27 Desember 2011

rahasia dibalik salmon..

...siang semuah.. pasti kalian lagi terkesima bahkan terkagum kagum mengingat, 'tumben gw nulisnya siang. ya.. maklum lah, orang sibukk.. ntar malem aja gw di utus sama menejer gw buat dinas ke bangkok, filipina... #plak (bangkok tuh thailan.. lu lagi ngibul ya?)..

ok deh, gw ngaku.. saat ini gw lagi di magelang, di rumah kakek gw buat ngabisin liburan... sungguh liburan yang membosankan, selain gw bisa berduaan sama ngilma setiap harinya..

sekarang gw lagi di warnet deket rumah kakek gw.. sebelum kesini, gw sempet triak triak ga jelas di rumah...
"WAAA... banyak ide di pikiran gw, tapi gak ada laptop disini.. kalopun ada juga modemnya juga pas lagi habis.. Hhh.. WARNETT.. GW BUTUH WARNETT!!!!"
..itulah mengapa gw ada di sini sekarang, setelah gw disangkain gila sama warga sekitar..

kemaren gw abis beli buku Manusia Setengah Salmon nya Raditya Dika yang pernah gw singgung di postingan gw sebelumnya.. gw pun berhasil ngedapetinya dengan perjuangan yang gak mudah..

awalnya sih gw udah ngajakin si udin sama ngilma.. tapi karna mereka pada sibuk, akhirnya terpaksa gw berangkat sendiri.. berbekal niat dan tanpa harga diri, gw berangkat dari rumah kakek jam 8 pagi..

Abis pindah bus 2 kali, gw akhirnya nyampe di salah satu selter busway.. gw ngambil jalur 2B..

tak lama kemudian, gw turun di selter di kawasan jalan cikditiro.. tak jauh dari situ ada gramedia,.. di dalem, buku Manisia Setengah Salmon udah di tumpuk-tumpuk di setiap sudutnya.. gw sih niat mo poto poto sama tumpukan buku MSS.. tapi terakkhir baru diketahui, ternyata hape gw ga ada kameranya,. gw pun mengurungkan niat tersebut... dan selang beberapa detik, gw pun akhirnya mendapati si salmon di genggaman gw, beserta struk belanja dan bau khas dari tuh buku..


Buku ini menceritakan tentang si penulis yang dalam kehidupannya selalu berpindah-pindah.. dari yang baru pindah rumah sampai yang berpindah hati.. mirip seperti ikan salmon yang selalu berpindah (migrasi) melawan arus beratus-ratus mil jauhnya hanya untuk bertelur,. bahkan tidah sedikit dari mereka yang mati entah karena kecapekan atau karna diburu oleh hewan lain.. tetapi mereka tetap berpindah walau nyawa mereka taruhannya..

Di buku ini di katakan, esensi kita sebagai mahluk hidup itu berpindah,. dari yang masih di rahim ibu, pindah ke dunia nyata, kemudian pindah jadi dewasa, terus tua,. dan meninggal.. layaknya pindahan rumah, terkadang kita sulit melakukan sebuah perpindahan., karna belum tentu tempat yang baru itu lebih baik dari tempat yang lama.. seperti halnya kita,  terkadang kita sangat sulit melupakan mantan pacar kita., karna belum tentu pacar kita yang sekarang jauh lebih baik dari yang dulu,. lalu, kemudian kita sering membeda-bedakan pacar kita dengan mantan... Hal ini sangat sulit buat gw cerna,. karena gw sama sekali belum pernah pacaran, apalagi punya mantan..

Dalam buku ini, berpindah juga diibaratkan suatu perubahan.. hal ini mengingatkan gw sama salah satu chapter di komik Naruto.. saat itu naruto yang sedang di landa kesedihan karna guru kesayangannya, Jiraya meninggal dalam pertempuran.. suatu hari, shikamaru (teman naruto, yang gurunya juga meninggal dalam pertempuran), mengajak naruto ke rumah sakit untuk menjenguk kurenai (istri gurunya shikamaru) yang sedang hamil.. Shikamaru bekata pada naruto bahwa bayi yang sedang dikandung, kelak akan menjadi muridnya.. dia bilang, "tidak selamanya kita yang memanggil dengan sebutan guru, tapi suatu hari kitalah yang akan dipanggil dengan sebutan guru,.. suatu hari nanti, bukan kita yang ditraktir guru kita, tapi ada saatnya kita yang harus mentraktir murid kita"... naruto pun mulai tersenyum...

Begitu banyak hal yang gw dapet dari bku ini,. dari yang kocak, sampe yang bermanfaat seperti yang diatas.. gw gak tau harus ketawa ato terharu.. gw cuman mau bilang terimakasih buat bang Dika, karna telah membuat buku yang bagus banget...

ternyata gaya gw waktu SMP di tiru sama salmon

tadinya gw cuman mau bercerita sedikit, tapi malah jadi panjang lebar kek gini... ya udah lah, bilingnya juga udah nunjukin hampir enem rebu.. tunggu postingan berikutnya yang ngebahas tentang para 4lL4Y community.. bay bay.. :*

4 komentar:

  1. lo bosen di magelang? aduh, tuker tempat aja deh yuk. gue malah kangen banget sama magelang, apalagi sama SMA gue -____- fyuuh..

    BalasHapus
  2. nice post :D gw juga suka bgt ini buku trbaru. banyak quote keren :D

    BalasHapus
  3. enak bisa dapetin dengan mudah yeh
    gue mesti rela keabisan ongkos untuk belinya beb~
    baca post baru gue lengkapnya :D

    BalasHapus
  4. iye, setelah tadi gw ngecek di gramedia, ternyata MSS udah ludes.. untung gw udah beli.. wkwkwk

    @suci: boleh boleh.. kalo bisa tukeran gender juga wkwk XD #ok, kali ini gw lagi kehabisan obat..

    BalasHapus